PENDAHULUAN
Ø Latar Belakang
Didalam suatu bisnis sangatlah
mustahil jika tidak ada produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang
ataupun jasa. Perlu diketahui dalam membuat rencana bisnis ini tidak bisa
diselesaikan dalam waktu 1-2 jam, kita harus banyak melakukan penelitian dari
bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis adalah meyakinkan calon
investor bahwa bisnis yang kita buat sangat berpotensi untuk menghasilkan
keuntungan yang tidak terbatas.
Untuk mulai berbisnis, kita perlu memiliki rencana
bisnis, bukan proposal bisnis. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis
kita sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu, rencana bisnis ini
digunakan oleh kita sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa
juga digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut. Rencana bisnis
umumnya berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis yang kita
jalankan dan strategi bisnis yang kita gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu
usaha
dalam penjualan susu murni yang beraneka ragam rasa. Saya berinama produk kami
dengan nama “Milkshake UTama”. Dimana saya mendapatkan bahan baku produk kami
dari sebuah pertenakan sapi yang bertempat didaerah cinunuk desa cimekar kec.
Cileunyi kab. Bandung. Kemudian aspek pasarnya dan
pemasarannya, aspek keuangannya, aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan
dengan bisnis kita. Ditambah lagi dengan rencana bisnis selama beberapa tahun
ke depan seperti apa.
Proposal bukan cuma berisi rencana bisnis, tapi juga
untuk kepentingan apa yang kita sampaikan di proposal tersebut kepada orang
lain. Misalnya, kita membuka usaha konveksi dan ingin mengajukan pinjaman
kredit ke bank. Maka selain rencana bisnis, proposal itu juga harus memuat data
yang berkaitan dengan kredit bank seperti berapa uang yang akan dipinjam untuk
konveksi, digunakan untuk apa, rencana pengembaliannya, dan sebagainya. Atau
proposal tersebut digunakan untuk mencari tambahan modal dari investor, maka
isinya adalah rencana bagi hasil, proporsi kepemilikan dan sebagainya.
Ø Lokasi
Sebelum kita memulai suatu usaha walaupun usaha
tersebut adalah usaha kecil maka kita harus menentukan dimana letaknya lokasi
usaha kita. Kita harus menentukan dimana lokasi dalam memproduksinya dan
memasarkannya. Lokasi merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan dan
keberhasilan suatu usaha. Sebelum suatu usaha memulai operasinya maka terlebih
dahulu perlu ditentukan lokasinya, baik lokasi produksi maupun lokasi
pemasaran. Lokasi usaha seharusnya terletak di daerah yang strategis karena
merupakan faktor terpenting dalam berjalannya suatu usaha dapat berjalan dengan
baik atau tidak. Hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa besar laba yang akan
diperoleh, jadi pemilihan atau penentuan lokasi harus dipertimbangkan dengan
sebaik-baiknya.
Kami dalam melakukan penjualan kami memanfaatkan
lahan yang sudah tersedia dan lumayan stategis yang berlokasi di dekat terminal
antapani di jl. Tanjung sari. Akan tetapi saat
kami juga akan bertempat di sekitaran kampus universitas widyatama.
Kami memilih lokasi di jl. Tanjung sari karena
selain lokasi tersebut itu sangat strategis, lokasi tersebut terlihat sering
dijumpai atau dilewati oleh kalangan remaja serta anak-anak sekolah, dimana
lokasi tersebut dekat dengan sebuah sekolah yaitu SMA N 23.
Kami memilih lokasi di sekitaran kampus Universitas
Widyatama karena selain agar bisa berjualan sambil melakukan aktifitas kuliah,
kami juga memanfaatkan tugas dari mata kuliah kewirausahaan dimana kmi dapat
kesempatan untung mempromosikan sekaligus menjual produk kami.
Ø Visi dan Misi
Usaha
Visi dari program ini adalah :
ü Mambangun skala usaha yang luas
ü
Meningkatkan
market share dan jumlah konsumen
ü
Menjadikan
produk susu murni cita rasa digandrungi dan dicari oleh semua konsumen yang
memerlukan minuman sehat dan segar.
ü
Memberikan
variasi berbeda dari produk minuman bebahan susu murni lainnya yang pastinya
lebih memberikan keunikan tersendiri dari tampilan serta inovasinya.
ü
Mengembangkan
usaha jauh lebih maju untuk kedepannya, dengan penjualan yang lebih meningkat
dan secara continue.
Misi dari program ini adalah:
ü
Menciptakan
dua macam varian rasa yang lebih alami
ü
Mengembangkan
produk kami dengan menambah variasi dan kreativitas model minuman ala modern
ü
Mengembangkan
keunikan minuman susu murni dari inovasi dan kualitas rasa dari susu murni cita
rasa.
A.
KONSEP
BISNIS
Didalam suatu bisnis sangatlah
mustahil jika tidak ada produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang
ataupun jasa. Perlu diketahui dalam membuat rencana bisnis kita harus banyak
melakukan penelitian dari bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis
adalah meyakinkan calon investor bahwa bisnis yang kita buat sangat berpotensi
untuk menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis kita
sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu. Rencana bisnis ini digunakan
oleh kita sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga
digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut. Rencana bisnis umumnya
berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis yang kita jalankan
dan strategi bisnis yang kita gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu
penjualan milkshake UTama cita rasa dengan sedikit inovasi dan penambahan bahan
kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya , aspek SDM, aspek
legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis tersebut.
Ø ANALISIS SWOT
1. Strenght
( kekuatan )
Dalam
produk milkshake UTama cita rasa ini kami menyediakan 2 buah variasi rasa yaitu
rasa alpukat ( avocado ) dan pisang ( banana ) . menu yang kami sedeiakan ada 2
macam yaitu “ juice alvocado milkshake “ dan “ juice banana milkshake “. dalam
produk juice alvocado milkshake ini kami member susu murni dengan dicampuri
oleh beberapa potong buah alpukat yg kemudian di gabung menjadi satu lalu
diberi tambahan biscuit oreo didalamnya. sama halnya dengan produk yang kedua
yaitu juice banana milkshake dalam produk ini kami mencampuri susu murni dengan
beberapa potong pisang hanya saja dalam produk ini kami dominasikan ke buahnya
agar rasa susu menjadi lebih segar dan mantap.
2. Weakness
( kelemahan )
Sulit untuk mengedukasi & mempromosikan
produk minuman kami dikarenakan kurangnya waktu dan modal diseling juga kami
kuliah sehingga penjualan kami kurang begitu produktif. Serta sulitnya menemuka
cita rasa yang baru dengan lebih unik.
3.
Opportunity
Melihat
keadaan Kota Bandung terlihat masih sedikit masyarakat yang menjalankan usaha
ini. Kami juga menilai tempat usaha seperti ini akan mendatangkan konsumen dari
semua kalangan masyarakat dari kalangan muda sampai kalangan orang tua.
Meninjau lebih jauh, susu murni ini banyak disukai. Oleh Karena itu dengan
memanfaatkan peluang bisnis ini, kami optimis bisa mengambil keuntungan yang
sebesar-besarnya.
4. Threat
( ancaman )
Banyaknya muncul minumam-minuman
yang bervariasi dengan gaya modern dan cita rasa yang modern, sehingga sulit
mencari celah di jaman globalisasi ini.
Ø Ide
usaha yang dijalankan
Pada dekade 1980an, para wirausaha menganut sebuah konsep
bisnis yang dikenal dengan sebutan Selling Concept, yaitu menjual apa
yang bisa mereka buat. Artinya, mereka hanya menjual produk dan atau jasa yang
dapat mereka buat saja. Namun, memasuki dekade 1990an sampai dengan sekarang,
konsep tersebut sudah mulai ditinggalkan para penganutnya. Dengan persaingan bisnis yang
luar biasa, para wirausaha tidak lagi hanya menjual apa yang bisa mereka buat,
tetapi harus membuat apa yang bisa mereka jual. Konsep tersebut dikenal dengan
sebutan Integrated Marketing Concept. Artinya, para wirausaha berusaha
untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumennya. Kreativitas dan inovasi pun
senantiasa harus terjaga. Maka
susu murni cita rasa ini sangat mengutamakan cita rasa yang bervarian serta
lebih alami dan inovasi yang modern
sehingga menarik konsumen yang membutuhkanminuman segar yang menyehatkan tubuh.
Pada mulanya ide bisnis ini tercetus ketika saya tertarik pada minuman-minuman
di café-café dengan berbagai varian rasa dan keunikan lainnya, akan tetapi saya
berbikir untuk membuat yang lebih berbeda dengan harga yang terjangkau sehingga
dapat dijumpai oleh semua kalangan bawah ataupun kalangan atas. Ide saya pun
disukai serta didukung oleh kerabat dan keluarga saya, sehingga saya lebih
yakin dengan usaha ini. Teman dan keluarga saya bisa mendukung usaha ini dimana
selain saya bisa berwirausaha selain itu jug aide saya lumayan bagus karena
menjual sebuah minuman yang sehat.
Ø Mengapa
peluang usaha tersebut dipilih
Peluang akan usaha saya ini cukup besar dikarenakan
dalam usaha saya ini saya menjual segelas susu, susu itu sendiri adalah minuman
sehat dan menyehatkan, dengan ditambahi
oleh beraneka rasa maka akan menjadi senjata utama dalam menjual produk saya
ini, Karena susu itu sendiri kaya akan manfaat bagi tubuh lebih besar
disbanding minuman-minuman olahan dan dengan dipadukan oleh beberapa rasa akan
mendambah kenikmatan akan minuman itu sendiri. hal ini yang akan menjadi alat
untuk menciptakan peluang besar bagi usaha kami. Disisi lain minuman ini
mengandung protein, laktosa, mineral,
asam (sitrat, format, asetat, laktat, oksalat), enzim (peroksidase, katalase,
pospatase, lipase), gas (oksigen, nitrogen), dan vitamin (vit. A, vit. C, vit.
D, tiamin, riboflavin). Yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Ø Keunggulan
bersaing apa yang dimiliki
Harga yang ditawarkan oleh milkshake
UTama sangat
kompetitif dan siap bersaing dengan produk minuman yang
sebelumnya telah ada di pasaran sehingga pas untuk semua kalangan
dari anak sekolah, remaja, mahasiswa, dan orang tua. Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan
produk yang serupa, semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang
sesuai.
Dengan kualitas bahan yang 100% alami tanpa bahan perasa yang membahayakan
serta ditambah campuran buah sehingga rasa lebih terasa alaminya. dengan
berbagai rasa, ditambah adanya butiran-butiran seperti coklat serta es yang
membuat lebih segar. Selain itu minuman yang dapat menyehatkan tubuh yang
merupakan kekuatan yang kami miliki dan kembangkan agar tidak mengecewakan
konsumen.
Ø Lokasi
Usaha
Sebelum kita
memulai suatu usaha walaupun usaha tersebut adalah usaha kecil maka kita harus
menentukan dimana letaknya lokasi usaha kita. Kita harus menentukan dimana
lokasi dalam memproduksinya dan memasarkannya. Lokasi merupakan factor penting
dalam menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu usaha. Sebelum suatu usaha
memulai operasinya maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasinya. Lokasi
usaha seharusnya terletak di daerah yang strategis karena merupakan faktor
terpenting dalam berjalannya suatu usaha dapat berjalan dengan baik atau tidak.
Hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa besar laba yang akan diperoleh, jadi
pemilihan atau penentuan lokasi harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya.
Maka milkshake UTama memilih lokasi usaha di sekitar pusat-pusat pendidikan
seperti sekolahan dan kampus. Dimana banyak kalangan pelajar dan mahasiswa yang
selalu membutuhkan kesegarannya dala beraktifitas.
Ø Badan
hukum / badan usaha yang dipilih
Untuk tahap awal badan usaha kami
secara non-formal karena dapat menghemat biaya set-up seperti biaya notaris
untuk set-up PT memerlukan Rp. 8 juta dan untuk pembukaan rekening Bank awal
minimal Rp. 1.000.000,- dan sejumlah rupiah tertentu untuk modal disetor yang
harus masuk ke rekening Bank. Untuk
mendaftarkan logo dan brand di Departemen Kehakiman membutuhkan biaya Rp
1.500.000,- dengan menggunakan bantuan Notaris. Jadi kami masih memfokuskan
biaya yang dikeluarkan untuk biaya produksi. Meskipun badan usaha kami tidak
atau belum berbentuk PT atau CV,
beberapa bulan lalu kami tetap dapat memasukkan produk kami ke perusahaan PT.
Holcim. Dan sebagai alternative lain kami juga dapat meminjam PT milik orang
lain dengan memberikan Service tertentu bila diperlukan.
Ø Aktivitas Bisnis
No
|
Aktivitas Produksi
|
Minggu I
|
Minggu II
|
Minggu III
|
Minggu IV
|
Minggu V
|
Minggu VI
|
Minggu VII
|
Minggu VIII
|
1
|
Rencana Usaha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aktivitas Penjualan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Promosi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Aspek
Pemasaran
Ø Pasar sasaran
Milkshake UTama mempertimbangkan
pasar yang relevan yaitu :
1)
Pasar Anak Sekolah dan Kuliahan
2)
Pasar orang tua
3)
Pasar pekerja
Ø Besar potensi pasar usaha yang
sedang dijalankan
Besarnya potensi pasar usaha
terhadap usaha yang dijalankan sangat besar. Dikarenakan produk minuman yang
kita tawarkan kepada pasar sangatlah berbeda dengan produk minuman yang ada
dipasaran. Dari segi harga juga sudah berbeda dengan produk minuman ternama.
Dengan harga yang terjangkau tetapi mendapatkan kualitas rasa yang hampir sama
dengan produk minuman yang harganya diatas produk minuman kami. Dari segi
inovasi pun, produk minuaman kami tidak kalah dengan produk minuaman lain. Kami
mengambil inovasi simpel dengan rasa yang lebih alami dan menyehatkan.
Ø Pengembangan Bauran pemasaran
Untuk memenuhi kebutuhan pasar sasaran, alat pemasaran taktis untuk menghasilkan respon positif
dari konsumen, yang meliputi 4P (product,
price, promotion, and place) :
1)
Produk (product)
Produk
minuman milkshake UTama , dari segi bahan susu murni yang memiliki keunggulan
100% alami dan bahan buah yang segar yang lebih baik sehingga cita rasa yang
alami dengan dua rasa yaitu alvocado dan banana. Ditambah adanya butiran-butiran
coklat dan es yang menambah kesegaran, sehingga dapat menunjang aktivitas dan
menyehatkan tubuh.
2)
Harga (price)
Harga
yang ditawarkan oleh milkshake UTama sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk minuman
yang sebelumnya telah ada di pasaran. Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk
minuman yang serupa,
semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk minuman yang sesuai. Milkshake UTama menawarkan harga alvocado
milkshake dan banana milkshake Rp. 5000/gelas.
3)
Promosi (promotion)
Dari sisi promotion haruslah
efektif dan seefisien mungkin, sehingga dapat menunjang penjualan dan
produktifitas target penjualan. Milkshake UTama
penginformasian
produk melalui media publikasi berupa
website gratis yang dapat memberikan kemudahan dan menghemat biaya promosi,
kami menggunakan website melalui situs kaskus dan facebook.. serta melakukan promosi dengan cara
mulut ke mulut sehingga produk
minuman juice millkshake dengan
cepat mereka akan menceritakannya kepada orang lain. Beberapa strategi
sederhana tersebut yang akan dijadikan senjata pemasaran untuk mempopulerkan
produk. Melalui jalur ini, pasar milkshake
UTama akan
dengan mudah berkembang karena pada umumnya respon teman-teman terhadap inovasi produk minuman milkshake
UTama ini sangat baik.
4)
Distribusi (place)
Selanjutnya untuk mengembangkan
juice milk shake kedepannya kami berencana untuk membuat took berjalan dengan pemasaran sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kedekatan
hubungan antara produsen dan konsumen. Selain itu, produsen juga
akan bekerjasama dengan koperasi mahasiswa yang ada di
setiap perguruan tinggi market share dan koperasi siswa di seluruh sekolahan market share.
Namun, untuk pengembangan awal, promosi dan pemasaran produk sekarang
lebih difokuskan melalui lahan yang sudah
tersedia dan situs website di internet serta mulut ke mulut dan blum memiliki
took fisik.
Ø Target penjualan per tahun
ü Penjualan
Sehari = 30 gelas
ü Penjualan
Seminggu = 30 x 7 hari = 210 gelas
ü Penjualan
Sebulan = 30 x 30 hari = 1500 gelas
ü Penjualan
Setahun = 1500 x 12 bulan = 18000 gelas
Ø Harga pokok penjualan
ü Juice
alvocado milkshake =
Rp. 5000,00
ü Juice
banana milkshake =
Rp. 5000,00
C.
Aspek
Produksi
Ø Proses produksi sejak bahan baku
sampai barang jadi
Sebelum minuman dibuat, kami membeli
bahan-bahan untuk membuat minuman tersebut. Bahan-bahan yang diperlukan antara
lain :
Bahan juice alvocado milkshake
ü 5sdm susu
kental manis coklat
ü 500g
daging buah alpukat
ü 100ml susu
sapi
ü 100g es
batu yang di memarkan
ü 4 keping
biscuit oreo coklat yg dimemarkan
Bahan juice banana milkshake
ü 500cc susu
murni
ü 25 simple
syrup
ü 100g
whipped cream coklat
ü 2 buah
pisang ambon
Cara
pembuatan :
Juice
alvocado milkshake
ü Masuakn
susu kental manis coklat menjadi ke dalam blender
ü Campurkan
alpukat, susu sapi, dan es batu
ü Blender
hingga merata
ü Setelah
selesai tuang kedalam gelas siap saji
ü Taburi
biskuit yang sudah di memarkan
Juice
banana milkshake
ü Potong-potong
pisang
ü Campur
susumurni dengan simple syrup dengan ¾ jumlah potongan pisang.
ü Blender
hingga tercampur rata kurang lebih selama 3 menit
ü Siapkan
gelas tinggi, tata sisa potongan pisang di dasar gelas, tutup dengan wipped
kocok
ü Tuang
campuaran pisang, susu, dan simple syrup yang telah di blender ke dalam gelas,
jangan sampe penuh
ü Tutup
dengan tambahan wipped cream kocok, dan beri hiasan potongan pisang
ü Sajikan
dalam keaadaan dingin
Ø Besar harga pokok produksi untuk
produk yang dihasilkan
ü Harga
Pokok Produk 1 pcs = Rp.
5.000,-
ü Produk
yang dihasilkan dalam 1 bulan =
Rp. 7.500.000,-
ü Produk
yang dihasilkan dalam 1 tahun =
Rp. 90.000.000,-
Ø Anggaran produksi ( dalam unit dan
value ) per tahun
ü Anggaran
Produksi 1 pcs = Rp.
2.500,-
ü Anggaran
Produksi dalam 1 bulan = Rp.
3.750.000,-
ü Anggaran
Produksi dalam 1 tahun = Rp. 45.000.000,-
D.
Aspek
Keuangan
Aspek keuangannya meliputi strategi keuangan yang efektif
meliputi pengelolaan dan pengawasan catatan-catatan keuangan, perencanaan, dan
pengelolaan anggaran dalam rangka mencapai tujuan memaksimalkan keuntungan
usaha. Efektifitas pengelolaan keuangan akan sangat ditentukan oleh tujuan
bisnis yang dimiliki dalam dokumen rencana strategi tersebut. Tujuan bisnis
adalah mambangun skala usaha yang luas, meningkatkan market share dan jumlah
konsumen, maka strategi keuangan dengan menetapkan profit margin yang tinggi,
hanya menggunakan modal sendiri dan memperbanyak asset tetap, mungkin tidak
akan cocok. Untuk mendukung tujuan bisnis tersebut lebih tetap dibuat marjin
keuntungan yang tidak terlalu besar sehingga harga cukup kompetitif. Digunakan
utang karena keterbatasan pendanaan modal sendiri, dan menggunakan asset tetap
melalui fasilitas sewaan, bukan milik sendiri, untuk meminimalkan modal kerja
yang dibutuhkan.
Untuk melakukan pengelolaan keuangan secara efektif,
dapat menggunakan Neraca ( Balance Sheet
), Laporan Laba Rugi ( Income Statement
), dan Laporan Arus Kas ( Cash Flow
Statement ). Neraca, atau yang juga dikenal sebagai pernyataan kekayaan
bersih, adalah bentuk laporan yang menjelaskan nilai semua asset yang dimiliki
( sisi aktiva ) dan nilai semua kewajiban yang dimiliki, juga besarnya modal
sendiri ( sisi passive ). Dari neraca tersebut, terlihat beberapa besar nilai
yang berhasil ditambahkan dari modal yang disetor.
Sementara laporan laba rugi merupakan laporan yang
menunjukkan kinerja pengakumulasian laba dalam kurun waktu tertentu. Nilai laba
diperoleh dari pengurangan jumlah pendapatan yang dihasilkan dengan biaya-biaya
yang dibutuhkan.
Selanjutnya laporan arus kas adalah laporan yang
merangkum kondisi kas, baik aliran kas masuk maupun aliran kas keluar pada
suatu rentang waktu tertentu (mingguan, bulanan atau tahunan). Laporan aliran
kas ini memberikan laporan informasi berkaitan dengan perilaku penerimaan dan
pengeluaran usaha. Tidak seperti laporan neraca yang menggunakan dasar kas ( cash base ) sehingga pos-pos seperti
depresiasi, amortisasi, dan accruals tidak akan dimasukkan dalam laporan ini.
Ø Sumber-sumber Pendanaan
ü Individual
Deposits & Savings, yaitu simpanan, baik berupa tabungan atau deposito yang
dimiliki. Simpanan tersebut digunakan untuk berbisnis yang dianggap sebagai
penyertaan modal sendiri.
ü Loan,
yaitu utang yang disediakan oleh pihak-pihak tertentu, diantaranya :
o
Family Loan, utang yang berasal dari
keluarga, ayah, ibu, kakak dan sebagainya.
o Neighbors Loan, utang yang berasal dari
kolega, saudara dan patner bisnis secara individual.
Dibawah ini statement of financial position. Dimna hasil
penjualan selama 3 hari (expo widyatama) sebagai berikut :
Milkshakle UTama
Statement of Financial Position
Untuk periode berakhir 31 Desember
2010
AKTIVA
|
PASSIVA
|
||
Kas
Persediaan
Kas deviden
Perlengkapan
Stand
|
Rp. 0
Rp. 154.000
Rp. 36.000
Rp. 45.000
Rp. 165.000
|
Utang Sewa
Modal Sendiri
|
Rp. 0
Rp. 400.000
|
Total Aktiva
|
Rp. 400.000
|
Total Passiva
|
Rp. 400.000
|