Powered By Blogger

Senin, 12 November 2012

contoh pembuatan bisnis plan



PENDAHULUAN

Ø   Latar Belakang
Didalam suatu bisnis sangatlah mustahil jika tidak ada produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Perlu diketahui dalam membuat rencana bisnis ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu 1-2 jam, kita harus banyak melakukan penelitian dari bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis adalah meyakinkan calon investor bahwa bisnis yang kita buat sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas.
Untuk mulai berbisnis, kita perlu memiliki rencana bisnis, bukan proposal bisnis. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis kita sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu, rencana bisnis ini digunakan oleh kita sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut. Rencana bisnis umumnya berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis yang kita jalankan dan strategi bisnis yang kita gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu usaha dalam penjualan susu murni yang beraneka ragam rasa. Saya berinama produk kami dengan nama “Milkshake UTama”. Dimana saya mendapatkan bahan baku produk kami dari sebuah pertenakan sapi yang bertempat didaerah cinunuk desa cimekar kec. Cileunyi kab. Bandung. Kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya, aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis kita. Ditambah lagi dengan rencana bisnis selama beberapa tahun ke depan seperti apa.
Proposal bukan cuma berisi rencana bisnis, tapi juga untuk kepentingan apa yang kita sampaikan di proposal tersebut kepada orang lain. Misalnya, kita membuka usaha konveksi dan ingin mengajukan pinjaman kredit ke bank. Maka selain rencana bisnis, proposal itu juga harus memuat data yang berkaitan dengan kredit bank seperti berapa uang yang akan dipinjam untuk konveksi, digunakan untuk apa, rencana pengembaliannya, dan sebagainya. Atau proposal tersebut digunakan untuk mencari tambahan modal dari investor, maka isinya adalah rencana bagi hasil, proporsi kepemilikan dan sebagainya.
Ø   Lokasi
Sebelum kita memulai suatu usaha walaupun usaha tersebut adalah usaha kecil maka kita harus menentukan dimana letaknya lokasi usaha kita. Kita harus menentukan dimana lokasi dalam memproduksinya dan memasarkannya. Lokasi merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu usaha. Sebelum suatu usaha memulai operasinya maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasinya, baik lokasi produksi maupun lokasi pemasaran. Lokasi usaha seharusnya terletak di daerah yang strategis karena merupakan faktor terpenting dalam berjalannya suatu usaha dapat berjalan dengan baik atau tidak. Hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa besar laba yang akan diperoleh, jadi pemilihan atau penentuan lokasi harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya.
Kami dalam melakukan penjualan kami memanfaatkan lahan yang sudah tersedia dan lumayan stategis yang berlokasi di dekat terminal antapani di jl. Tanjung sari. Akan tetapi saat  kami juga akan bertempat di sekitaran kampus universitas widyatama.
Kami memilih lokasi di jl. Tanjung sari karena selain lokasi tersebut itu sangat strategis, lokasi tersebut terlihat sering dijumpai atau dilewati oleh kalangan remaja serta anak-anak sekolah, dimana lokasi tersebut dekat dengan sebuah sekolah yaitu SMA N 23.
Kami memilih lokasi di sekitaran kampus Universitas Widyatama karena selain agar bisa berjualan sambil melakukan aktifitas kuliah, kami juga memanfaatkan tugas dari mata kuliah kewirausahaan dimana kmi dapat kesempatan untung mempromosikan sekaligus menjual produk kami.

Ø   Visi dan Misi Usaha
Visi dari program ini adalah :
ü  Mambangun skala usaha yang luas
ü  Meningkatkan market share dan jumlah konsumen
ü  Menjadikan produk susu murni cita rasa digandrungi dan dicari oleh semua konsumen yang memerlukan minuman sehat dan segar.
ü  Memberikan variasi berbeda dari produk minuman bebahan susu murni lainnya yang pastinya lebih memberikan keunikan tersendiri dari tampilan serta inovasinya.
ü  Mengembangkan usaha jauh lebih maju untuk kedepannya, dengan penjualan yang lebih meningkat dan secara continue.


Misi dari program ini adalah:
ü  Menciptakan dua macam varian rasa yang lebih alami
ü  Mengembangkan produk kami dengan menambah variasi dan kreativitas model minuman ala modern
ü  Mengembangkan keunikan minuman susu murni dari inovasi dan kualitas rasa dari susu murni cita rasa.

A.          KONSEP BISNIS
Didalam suatu bisnis sangatlah mustahil jika tidak ada produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Perlu diketahui dalam membuat rencana bisnis kita harus banyak melakukan penelitian dari bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis adalah meyakinkan calon investor bahwa bisnis yang kita buat sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis kita sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu. Rencana bisnis ini digunakan oleh kita sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut. Rencana bisnis umumnya berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis yang kita jalankan dan strategi bisnis yang kita gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu penjualan milkshake UTama cita rasa dengan sedikit inovasi dan penambahan bahan kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya , aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis tersebut.

Ø  ANALISIS SWOT
1.   Strenght ( kekuatan )
Dalam produk milkshake UTama cita rasa ini kami menyediakan 2 buah variasi rasa yaitu rasa alpukat ( avocado ) dan pisang ( banana ) . menu yang kami sedeiakan ada 2 macam yaitu “ juice alvocado milkshake “ dan “ juice banana milkshake “. dalam produk juice alvocado milkshake ini kami member susu murni dengan dicampuri oleh beberapa potong buah alpukat yg kemudian di gabung menjadi satu lalu diberi tambahan biscuit oreo didalamnya. sama halnya dengan produk yang kedua yaitu juice banana milkshake dalam produk ini kami mencampuri susu murni dengan beberapa potong pisang hanya saja dalam produk ini kami dominasikan ke buahnya agar rasa susu menjadi lebih segar dan mantap.

2.      Weakness ( kelemahan )
Sulit untuk mengedukasi & mempromosikan produk minuman kami dikarenakan kurangnya waktu dan modal diseling juga kami kuliah sehingga penjualan kami kurang begitu produktif. Serta sulitnya menemuka cita rasa yang baru dengan lebih unik.

3.      Opportunity
Melihat keadaan Kota Bandung terlihat masih sedikit masyarakat yang menjalankan usaha ini. Kami juga menilai tempat usaha seperti ini akan mendatangkan konsumen dari semua kalangan masyarakat dari kalangan muda sampai kalangan orang tua. Meninjau lebih jauh, susu murni ini banyak disukai. Oleh Karena itu dengan memanfaatkan peluang bisnis ini, kami optimis bisa mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.      Threat ( ancaman )
Banyaknya muncul minumam-minuman yang bervariasi dengan gaya modern dan cita rasa yang modern, sehingga sulit mencari celah di jaman globalisasi ini.

Ø  Ide usaha yang dijalankan
Pada dekade 1980an, para wirausaha menganut sebuah konsep bisnis yang dikenal dengan sebutan Selling Concept, yaitu menjual apa yang bisa mereka buat. Artinya, mereka hanya menjual produk dan atau jasa yang dapat mereka buat saja. Namun, memasuki dekade 1990an sampai dengan sekarang, konsep tersebut sudah mulai ditinggalkan para penganutnya. Dengan persaingan bisnis yang luar biasa, para wirausaha tidak lagi hanya menjual apa yang bisa mereka buat, tetapi harus membuat apa yang bisa mereka jual. Konsep tersebut dikenal dengan sebutan Integrated Marketing Concept. Artinya, para wirausaha berusaha untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumennya. Kreativitas dan inovasi pun senantiasa harus terjaga. Maka susu murni cita rasa ini sangat mengutamakan cita rasa yang bervarian serta lebih alami  dan inovasi yang modern sehingga menarik konsumen yang membutuhkanminuman segar yang menyehatkan tubuh. Pada mulanya ide bisnis ini tercetus ketika saya tertarik pada minuman-minuman di café-café dengan berbagai varian rasa dan keunikan lainnya, akan tetapi saya berbikir untuk membuat yang lebih berbeda dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dijumpai oleh semua kalangan bawah ataupun kalangan atas. Ide saya pun disukai serta didukung oleh kerabat dan keluarga saya, sehingga saya lebih yakin dengan usaha ini. Teman dan keluarga saya bisa mendukung usaha ini dimana selain saya bisa berwirausaha selain itu jug aide saya lumayan bagus karena menjual sebuah minuman yang sehat.

Ø  Mengapa peluang usaha tersebut dipilih
Peluang  akan usaha saya ini cukup besar dikarenakan dalam usaha saya ini saya menjual segelas susu, susu itu sendiri adalah minuman sehat  dan menyehatkan, dengan ditambahi oleh beraneka rasa maka akan menjadi senjata utama dalam menjual produk saya ini, Karena susu itu sendiri kaya akan manfaat bagi tubuh lebih besar disbanding minuman-minuman olahan dan dengan dipadukan oleh beberapa rasa akan mendambah kenikmatan akan minuman itu sendiri. hal ini yang akan menjadi alat untuk menciptakan peluang besar bagi usaha kami. Disisi lain minuman ini mengandung  protein, laktosa, mineral, asam (sitrat, format, asetat, laktat, oksalat), enzim (peroksidase, katalase, pospatase, lipase), gas (oksigen, nitrogen), dan vitamin (vit. A, vit. C, vit. D, tiamin, riboflavin). Yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ø  Keunggulan bersaing apa yang dimiliki
Harga yang ditawarkan oleh milkshake UTama sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk minuman  yang sebelumnya telah ada di pasaran sehingga pas untuk semua kalangan dari anak sekolah, remaja, mahasiswa, dan orang tua. Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa, semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai. Dengan kualitas bahan yang 100% alami tanpa bahan perasa yang membahayakan serta ditambah campuran buah sehingga rasa lebih terasa alaminya. dengan berbagai rasa, ditambah adanya butiran-butiran seperti coklat serta es yang membuat lebih segar. Selain itu minuman yang dapat menyehatkan tubuh yang merupakan kekuatan yang kami miliki dan kembangkan agar tidak mengecewakan konsumen.

Ø  Lokasi Usaha
Sebelum kita memulai suatu usaha walaupun usaha tersebut adalah usaha kecil maka kita harus menentukan dimana letaknya lokasi usaha kita. Kita harus menentukan dimana lokasi dalam memproduksinya dan memasarkannya. Lokasi merupakan factor penting dalam menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu usaha. Sebelum suatu usaha memulai operasinya maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasinya. Lokasi usaha seharusnya terletak di daerah yang strategis karena merupakan faktor terpenting dalam berjalannya suatu usaha dapat berjalan dengan baik atau tidak. Hal tersebut dapat mempengaruhi seberapa besar laba yang akan diperoleh, jadi pemilihan atau penentuan lokasi harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Maka milkshake UTama memilih lokasi usaha di sekitar pusat-pusat pendidikan seperti sekolahan dan kampus. Dimana banyak kalangan pelajar dan mahasiswa yang selalu membutuhkan kesegarannya dala beraktifitas.

Ø  Badan hukum / badan usaha yang dipilih
Untuk tahap awal badan usaha kami secara non-formal karena dapat menghemat biaya set-up seperti biaya notaris untuk set-up PT memerlukan Rp. 8 juta dan untuk pembukaan rekening Bank awal minimal Rp. 1.000.000,- dan sejumlah rupiah tertentu untuk modal disetor yang harus masuk ke rekening Bank. Untuk  mendaftarkan logo dan brand di Departemen Kehakiman membutuhkan biaya Rp 1.500.000,- dengan menggunakan bantuan Notaris. Jadi kami masih memfokuskan biaya yang dikeluarkan untuk biaya produksi. Meskipun badan usaha kami tidak atau belum berbentuk  PT atau CV, beberapa bulan lalu kami tetap dapat memasukkan produk kami ke perusahaan PT. Holcim. Dan sebagai alternative lain kami juga dapat meminjam PT milik orang lain dengan memberikan Service tertentu bila diperlukan.

Ø  Aktivitas Bisnis

No
Aktivitas Produksi
Minggu    I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
Minggu V
Minggu VI
Minggu VII
Minggu VIII
1
Rencana Usaha








2
Aktivitas Penjualan








3
Promosi










B.           Aspek Pemasaran

Ø  Pasar sasaran
Milkshake UTama mempertimbangkan pasar yang relevan yaitu :

1)      Pasar Anak Sekolah dan Kuliahan
2)      Pasar orang tua
3)      Pasar pekerja

Ø  Besar potensi pasar usaha yang sedang dijalankan
Besarnya potensi pasar usaha terhadap usaha yang dijalankan sangat besar. Dikarenakan produk minuman yang kita tawarkan kepada pasar sangatlah berbeda dengan produk minuman yang ada dipasaran. Dari segi harga juga sudah berbeda dengan produk minuman ternama. Dengan harga yang terjangkau tetapi mendapatkan kualitas rasa yang hampir sama dengan produk minuman yang harganya diatas produk minuman kami. Dari segi inovasi pun, produk minuaman kami tidak kalah dengan produk minuaman lain. Kami mengambil inovasi simpel dengan rasa yang lebih alami dan menyehatkan.

Ø  Pengembangan Bauran pemasaran
Untuk memenuhi kebutuhan pasar sasaran, alat pemasaran taktis untuk menghasilkan respon positif dari konsumen, yang meliputi 4P (product, price, promotion, and place) :

1)      Produk (product)
         Produk minuman milkshake UTama , dari segi bahan susu murni yang memiliki keunggulan 100% alami dan bahan buah yang segar yang lebih baik sehingga cita rasa yang alami dengan dua rasa yaitu alvocado dan banana. Ditambah adanya butiran-butiran coklat dan es yang menambah kesegaran, sehingga dapat menunjang aktivitas dan menyehatkan tubuh.



2)      Harga (price)
         Harga yang ditawarkan oleh milkshake UTama sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk minuman yang sebelumnya telah ada di pasaran.  Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk minuman yang serupa, semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk minuman yang sesuai. Milkshake UTama menawarkan harga alvocado milkshake dan banana milkshake Rp. 5000/gelas.

3)      Promosi (promotion)
         Dari sisi promotion haruslah efektif dan seefisien mungkin, sehingga dapat menunjang penjualan dan produktifitas target penjualan. Milkshake UTama penginformasian produk melalui media publikasi berupa website gratis yang dapat memberikan kemudahan dan menghemat biaya promosi, kami menggunakan website melalui situs kaskus dan facebook.. serta melakukan promosi dengan cara mulut ke mulut sehingga produk minuman juice millkshake dengan cepat mereka akan menceritakannya kepada orang lain. Beberapa strategi sederhana tersebut yang akan dijadikan senjata pemasaran untuk mempopulerkan produk. Melalui jalur ini, pasar milkshake UTama akan dengan mudah berkembang karena pada umumnya respon teman-teman terhadap inovasi produk minuman milkshake UTama ini sangat baik.

4)      Distribusi (place)
Selanjutnya untuk mengembangkan juice milk shake kedepannya kami berencana untuk membuat took berjalan dengan pemasaran sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kedekatan hubungan antara produsen dan konsumen. Selain itu, produsen juga akan bekerjasama dengan koperasi mahasiswa yang ada di setiap perguruan tinggi market share dan koperasi siswa di seluruh sekolahan market share. Namun, untuk pengembangan awal, promosi dan pemasaran produk sekarang lebih difokuskan melalui lahan yang sudah tersedia dan situs website di internet serta mulut ke mulut dan blum memiliki took fisik.

Ø  Target penjualan per tahun
ü  Penjualan Sehari                                                             =  30 gelas
ü  Penjualan Seminggu                   =  30 x 7 hari               =  210 gelas
ü  Penjualan Sebulan                      =  30 x 30 hari             =  1500 gelas
ü  Penjualan Setahun                      =  1500 x 12 bulan      =  18000 gelas

Ø  Harga pokok penjualan
ü  Juice alvocado milkshake           =  Rp. 5000,00
ü  Juice banana milkshake              =  Rp. 5000,00

C.          Aspek Produksi

Ø  Proses produksi sejak bahan baku sampai barang jadi
Sebelum minuman dibuat, kami membeli bahan-bahan untuk membuat minuman tersebut. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain :
Bahan juice alvocado milkshake
ü  5sdm susu kental manis coklat
ü  500g daging buah alpukat
ü  100ml susu sapi
ü  100g es batu yang di memarkan
ü  4 keping biscuit oreo coklat yg dimemarkan
Bahan juice banana milkshake
ü  500cc susu murni
ü  25 simple syrup
ü  100g whipped cream coklat
ü  2 buah pisang ambon

Cara pembuatan :
Juice alvocado milkshake
ü  Masuakn susu kental manis coklat menjadi ke dalam blender
ü  Campurkan alpukat, susu sapi, dan es batu
ü  Blender hingga merata
ü  Setelah selesai tuang kedalam gelas siap saji
ü  Taburi biskuit yang sudah di memarkan
Juice banana milkshake
ü  Potong-potong pisang
ü  Campur susumurni dengan simple syrup dengan ¾ jumlah potongan pisang.
ü  Blender hingga tercampur rata kurang lebih selama 3 menit
ü  Siapkan gelas tinggi, tata sisa potongan pisang di dasar gelas, tutup dengan wipped kocok
ü  Tuang campuaran pisang, susu, dan simple syrup yang telah di blender ke dalam gelas, jangan sampe penuh
ü  Tutup dengan tambahan wipped cream kocok, dan beri hiasan potongan pisang
ü  Sajikan dalam keaadaan dingin

Ø  Besar harga pokok produksi untuk produk yang dihasilkan
ü  Harga Pokok Produk 1 pcs                                =  Rp.            5.000,-
ü  Produk yang dihasilkan dalam 1 bulan              =  Rp.     7.500.000,-
ü  Produk yang dihasilkan dalam 1 tahun              =  Rp.   90.000.000,-

Ø  Anggaran produksi ( dalam unit dan value ) per tahun
ü  Anggaran Produksi 1 pcs                                   =  Rp.            2.500,-
ü  Anggaran Produksi dalam 1 bulan                     =  Rp.     3.750.000,-
ü  Anggaran Produksi dalam 1 tahun                    =  Rp.   45.000.000,-

D.          Aspek Keuangan
Aspek keuangannya meliputi strategi keuangan yang efektif meliputi pengelolaan dan pengawasan catatan-catatan keuangan, perencanaan, dan pengelolaan anggaran dalam rangka mencapai tujuan memaksimalkan keuntungan usaha. Efektifitas pengelolaan keuangan akan sangat ditentukan oleh tujuan bisnis yang dimiliki dalam dokumen rencana strategi tersebut. Tujuan bisnis adalah mambangun skala usaha yang luas, meningkatkan market share dan jumlah konsumen, maka strategi keuangan dengan menetapkan profit margin yang tinggi, hanya menggunakan modal sendiri dan memperbanyak asset tetap, mungkin tidak akan cocok. Untuk mendukung tujuan bisnis tersebut lebih tetap dibuat marjin keuntungan yang tidak terlalu besar sehingga harga cukup kompetitif. Digunakan utang karena keterbatasan pendanaan modal sendiri, dan menggunakan asset tetap melalui fasilitas sewaan, bukan milik sendiri, untuk meminimalkan modal kerja yang dibutuhkan.
Untuk melakukan pengelolaan keuangan secara efektif, dapat menggunakan Neraca ( Balance Sheet ), Laporan Laba Rugi ( Income Statement ), dan Laporan Arus Kas ( Cash Flow Statement ). Neraca, atau yang juga dikenal sebagai pernyataan kekayaan bersih, adalah bentuk laporan yang menjelaskan nilai semua asset yang dimiliki ( sisi aktiva ) dan nilai semua kewajiban yang dimiliki, juga besarnya modal sendiri ( sisi passive ). Dari neraca tersebut, terlihat beberapa besar nilai yang berhasil ditambahkan dari modal yang disetor.
Sementara laporan laba rugi merupakan laporan yang menunjukkan kinerja pengakumulasian laba dalam kurun waktu tertentu. Nilai laba diperoleh dari pengurangan jumlah pendapatan yang dihasilkan dengan biaya-biaya yang dibutuhkan.
Selanjutnya laporan arus kas adalah laporan yang merangkum kondisi kas, baik aliran kas masuk maupun aliran kas keluar pada suatu rentang waktu tertentu (mingguan, bulanan atau tahunan). Laporan aliran kas ini memberikan laporan informasi berkaitan dengan perilaku penerimaan dan pengeluaran usaha. Tidak seperti laporan neraca yang menggunakan dasar kas ( cash base ) sehingga pos-pos seperti depresiasi, amortisasi, dan accruals tidak akan dimasukkan dalam laporan ini.
Ø  Sumber-sumber Pendanaan
ü Individual Deposits & Savings, yaitu simpanan, baik berupa tabungan atau deposito yang dimiliki. Simpanan tersebut digunakan untuk berbisnis yang dianggap sebagai penyertaan modal sendiri.
ü  Loan, yaitu utang yang disediakan oleh pihak-pihak tertentu, diantaranya :
o   Family Loan, utang yang berasal dari keluarga, ayah, ibu, kakak dan sebagainya.
o Neighbors Loan, utang yang berasal dari kolega, saudara dan patner bisnis secara individual.
Dibawah ini statement of financial position. Dimna hasil penjualan selama 3 hari (expo widyatama) sebagai berikut :




Milkshakle UTama
Statement of Financial Position
Untuk periode berakhir 31 Desember 2010
AKTIVA
PASSIVA

Kas
Persediaan
Kas deviden
Perlengkapan
Stand

Rp.      0
Rp. 154.000
Rp.   36.000
Rp.   45.000 
Rp. 165.000

Utang Sewa


Modal Sendiri

Rp.       0


Rp. 400.000
Total Aktiva
Rp. 400.000
Total Passiva
Rp. 400.000